Sabtu, 23 April 2011

Easy Talk = Bicara Mudah?


well
i'm back...

hehehe....
masa berkabung dah lewat...
saatnya menempuh dunia baru.

hmm... beberapa saat yang lalu, ada yang bertanya ke saya tentang bagaimana berbicara di depan orang banyak, yaitu seorang teman yang ingin terjun ke dunia bisnis. pertanyaan yang menurut saya sangat sering ditanyakan oleh orang-orang yang bingung saat ingin berbicara pada orang banyak...

kayaknya muter-muter ya...
ok, jawabannya singkat. yaitu Easy Talking.
apa sih Easy Talking itu? apa ada istilah kayak gitu?

sebenernya sih, itu kata-kata saya, ketika teman saya bertanya bahkan curhat tentang bagaimana berbicara didepan orang banyak. arti secara gamblangnya, easy = mudah, sedangkan talking = berbicara. arti dari Easy Talking sendiri adalah berbicara dengan mudah.

kenapa seperti itu?

saat kita hendak berbicara didepan orang banyak, satu hal yang harus kita pikirkan, apa yang akan kita bicarakan. betul bukan? akan tetapi ada yang tidak kita pikirkan, sesuatu hal yang dasar tapi sering dilupakan oleh orang-orang yang ingin dapat berbicara dengan cepat. janganlah kita berpikir untuk hal yang menurut saya itu sangatlah ribet. kita berpikir secara sederhana dahulu.

berbicara menurut saya, itu keahlian yang dimiliki setiap manusia. baik bicara secara langsung(lisan) maupun tidak(no-verbal atau melalui hal lain(singkatan dan sebagainya)). keahlian itu sesuatu yang dapat diasah. disini orang sering melakukan pembicaraan, baik dengan teman, keluarga, kekasih, maupun orang yang baru dikenal. itulah hal dasar, yaitu melakukan perbincangan. saat kita ingin berbicara didepan orang banyak setidaknya kita dapat melakukan perbincangan kepada orang-orang di sekitar kita.

saya sendiri bukanlah orang yang dapat berbicara lancar didepan banyak orang, tetapi saya orang yang cukup mengerti bagaimana cara berbicara didepan orang. hal-hal seperti  menatap mata setiap audience, mengatur suara kita, sikap, itu merupakan sesuatu yang dapat dipelajari. kata temen saya hanyalah hal teknis. disini saya tekankan yaitu lakukan. ketika ingin bicara, lakukan saja seperti iklan sepatu. Just Do It dan Impossible is Nothing. tak ada yang tak bisa dan tak mungkin, ketika kita ingin melakukan lakukan saja.

nah, dari pengalaman kita bisa lancar melakukannya. kenapa? karena sesuatu yang diatih akan semakin lancar. pertanyaannya, bagaimana sih mcara kita melatihnya? seperti itukan. mudah, ada orang disekitar anda, ajaklah untuk berbicara. nah dari hal sepele seperti itu anda akan semakin ahli memainkan kata-kata dalam berbicara. anda akan semakin mengerti bagaimana menarik hati orang yang kita ajak bicara.

kalau masih belum ngeh juga, bicaralah pada teman anda sesering mungkin. kemudian bicara pada seluruh keluarga anda. pasti akan merasakan sesuatu hal yang berbeda. masih belum ngerti, langsung kontak saya aja...
di YM saya sedia membantu....

suwun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar