Minggu, 12 Juni 2011

Pengertian Public Relations

PUBLIC RELATIONS
merupakan salah satu profesi yang sangat penting untuk dimiliki oleh sebuah perusahaan. Mengapa begitu?

Public Relations sendiri memiliki beberapa definisi yaitu:

1.      Rhenald Kasali, 1994, dalam Manajemen Public Relations mengutip definisi John E. Marston bahwa Public Relations adalah seni untuk membuat suatu perusahaan disukai dan dihormati oleh public karyawan, konsumen, dan para penyalur.
2.      Frazier Moore, 1981, mengatakan ketergantungan perusahaan akan public dan bisnis, pemerintah, serta organisasi social lain membuat kebutuhan akan fungsi manajemen khusus, dan ini dikenal sebagai Public Relations.
3.      Grunig dan Hunt, 1987, memberikan definisi Public Relations sebagai komunikasi manajemen antara organisasi dan publiknya.

Berpijak dari definisi yang di atas, maka dapat disimpulkan beberapa persamaan pokok pikiran sebagai berikut:

  1. Public Relations merupakan suatu kegiatan yang bertujuan memperoleh goodwill atau kesan yang baik dan perbuatan yang baik.
  2. Sasaran Public Relations adalah menciptakan opini public yang menguntungkan semua pihak.
  3. Publik Relations merupakan unsur yang sangat penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik dari organisasi atau perusahaan.
  4. Public Relations adalah usaha untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara suatu badan organisasi dengan masyarakat melalui proses komunikasi timbal balik (dua arah).
Pada intinya Public Relations senantiasa berhubungan dengan kegiatan penciptaan pemahaman melalui pengetahuan, dan melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan akan muncul suatu dampak, yakni berupa perubahan yang positif.

Publik Relations (PR) adalah suatu bentuk komunikasi yang berlaku terhadap semua jenis organisasi, baik yang bersifat komersial maupun non komersial, di sector public (pemerintah) maupun privat (pihak swasta).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar