Senin, 18 Juli 2011

Orang BESAR? bukan karena PINTAR atau berUANG

Pagi-pagi setelah bangun tidur pulang dari warnet, cuci muka, langsung deh nulis lagi. Sedikit mendapat inspirasi dari orang-orang yang berjuang untuk menghidupi keluarganya. Salut banget pagi-pagi sudah ada yang keluar rumah hanya untuk mencari sesuap nasi buat anak-anaknya.

Mereka bukan termasuk golongan masyarakat yang mampu, mampu untuk menikmati hari libur mereka dengan tamasya bersama keluarga. Justru mereka memanfaatkan hari libur mereka untuk mencari tambahan penghasilan. Akan tetapi, bukan penghasilan besar, melainkan penghasilan yang memberikan manfaat untuk orang lain.

Ya, mereka biasa disebut pemulung, tukang munguti sampah, bahkan ada beberapa orang menyebut mereka orang-orang yang suka ngutil barang orang.

Jika dipikir kembali, sebenarnya jasa mereka sangatlah besar. Sebuah pertanyaan simpel untuk direnungkan,

"apakah kita sebagai orang yang mampu, mau pergi membuang sampah langsung menuju tempat pembuangan akhir?"

Jawaban itu kembali lagi pada diri kita sendiri. Sebenarnya, justru orang-orang yang terlalu nyaman akan hidup dirinya(walaupun pas-pasan), yang menurut saya pribadi bukanlah sesuatu yang pantas.

Saya sempat bebincang dengan beberapa teman, yang dimana mereka telah menggapai pendidikan(yang menurut mereka) tinggi., mereka sempat mengatakan, "bro, hanya orang-orang besar yang akan mengubah dunia ini, entah kearah yang lebih baik, atau malah justru akan menjatuhkan dunia itu sendiri."

Saya sedikit bertanya kepada mereka, sebenarnya siapakah yang pantas dikatakan orang besar? Apakah orang dengan uang yang banyak? Atau orang-orang kecil yang menderita?Dengan penuh bingung, mereka sedikit berfikir, apa yang saya maksud dengan pertanyaan klise tersebut.

Saya pribadi dengan mudahnya menjawab, bahwa orang besar tidak masuk dalam kriteria tersebut. Tetapi orang besar ialah orang-orang yang memiliki jiwa yang besar. Mereka rela melakukan sesuatu yang sekiranya tidak akan dipuji oleh orang lain.

orang-orang besar tidaklah harus pintar atau berduit, tetapi orang-orang besar akan memikirkan orang lain dengan jiwa besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar