Kamis, 14 Juli 2011

Planning bisnis Cafe, Itu penting

Membuka Usaha Kafe
Apabila ingin membuka usaha kafe : selain sewa dan renovasi tempat yang sudah direncanakan, yang bisa Anda masukkan ke dalam check list Anda adalah :



1.Pembelian peralatan

Di awal pendirian kafe, jelas Anda harus keluar biaya untuk membeli peralatan. Sangat disarankan membuat check list khusus untuk kebutuhan peralatan ini, karena seringkali barang-barang kecil yang fungsinya sangat vital, seperti misalnya pembuka botol, justru lupa terbeli.



2.Pembelian bahan baku

Biaya pembelian bahan baku dan pengolahan hidangan hingga siap disajikan lazim disebut
dengan food cost. Pada bisnis kafe umumnya, food cost bisa mencapai sekitar 30%, sehingga Anda harus mengkalkulasi dengan cermat keuangan kafe Anda, jangan sampai Anda malah tekor.



3.Biaya tenaga kerja

Biaya tenaga kerja sangat tergantung dari jumlah dan posisi orang yang dipekerjakan. Upah dari masing-masing posisi dapat ditentukan berdasarkan pendidikan dan pengalamannya. Untuk waiter misalnya, Anda dapat menggunakan UMP sebagai patokan minimum. Jika Anda menginginkan mereka memberikan “excellent service” bagi tamu Anda, tentu upahnya harus ditingkatkan lagi.



4.Biaya promosi

Anda juga harus mengeluarkan biaya untuk aneka promosi bagi kafe Anda, terutama di saat awal pembukaan kafe. Biaya promosi bisa dikeluarkan dalam berbagai bentuk misalkan diskon harga, atau sistem membership. Untuk iklan di majalah atau radio biasanya mereka punya banyak skema kerjasama dari mulai iklan spot hingga barter promosi, Anda bisa memilih skema yang paling menguntungkan atau setidaknya tidak memberatkan anggaran cafe Anda.



5.Pajak restoran, pajak reklame dan retribusi lain lain

Jangan lupa bahwa Anda harus berurusan dengan pajak restoran (besarnya 10% dari harga jual), pajak reklame (untuk billboard/neonbox kafe Anda), dan aneka pungutan lainnya. Selain pungutan resmi, ada juga pungutan tidak resmi. Mau tidak mau pungutan seperti ini mesti diantisipasi dalam anggaran operasional kafe Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar