Jumat, 03 Juni 2011

Bincang-bincang seputar PSP

 Apa sih sebenarnya PSP itu?


PSP merupakan sebuah alat permainan portable dari Sony Corp. Portable Sony Playstation kepanjangannya. 


Gadget ini cukup mumpuni juga ternyata. PSP bisa digunakan untuk bermain game-game orisinil Sony dalam bentuk UMD (cd khusus untuk PSP) yang cukup mahal (sekitar 600 ribuan). Kualitas gambar cukup ok, mengingat ukuran layar TFT yg cukup besar 4.3 inch dengan 16.7 juta warna. 


 Game-game yang ada saat ini juga tidak kalah bagusnya dengan game-game untuk konsol PS2. Hanya saja kualitas suara (sound) yang ada kurang maksimal, meskipun Sony menyatakan bahwa kualitas suara dalam PSP mereka sudah stereo. 


Namun hal itu tidak menjadi soal. Karena dengan sedikit mengeluarkan biaya untuk membeli headphone atau earphone standar, kelemahan suara tadi menjadi tertanggulangi. Apalagi jika kalian membeli PSP value pack yang telah dilengkapi dengan earphone khusus dari Sony.


Selain untuk nge-game, PSP juga dapat digunakan sebagai sarana multimedia. 


Kita dapat memutar lagu dalam format MP3 dan AAC. Apabila punya koleksi video dengan format MP4, PSP juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menontonnya. PSP juga dilengkapi dengan kemampuan portable photo or image viewer. Wew! Fasilitas hiburan yang lengkap kan? 

Karena mahalnya harga UMD orisinil (ori) saat ini, banyak pihak yang mencoba sedikit kreatif dengan membuat firmware (sistem operasi PSP) hasil crack yang mampu menjalankan game tanpa perlu UMD ori. Yang paling terkenal tentu saja firmware buatan Dark_Alex, yang terus di update sampai sekarang mengikuti perkembangan firmware Sony asli. 



Dengan firmware crack ini, kalian bisa menjalankan game hanya bermodalkan Memory Stick Duo atau yang lebih dikenal dengan MSD. Cukup copy file .iso atau .cso dari game-game yang diinginkan kedalam MSD kalian, dan... Voila!!! Langsung play! Tak hanya itu, dengan sedikit software crack tambahan, kalian juga bisa memainkan game-game jadul seperti Nintendo, SNES, Sega, NeoGeo, Game Boy (dan GBA!), bahkan PS1 di dalam PSP. Wuah... seperti ditraktir sampai kenyang nih...

Kalo ada yang berminat, harga PSP sekarang sekitar 2 juta. Itu baru mesin doang. Tambah dana sedikit, dengan 2.5 juta kalian udah bisa bawa PSP value pack (mesin, dapet earphone khusus, pouch keren + tali), satu UMD demo, ditambah MSD 2 giga plus firmware crack, dan bonus game-game PSP. Tapi inget harga di tiap toko berbeda. Banyak-banyak searching deh buat dapat yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar