Jumat, 18 Maret 2011

Belajar Dari Seorang Tokoh : Sir Edmund Hillary

Hari ini saya menyempatkan membaca artikel-artikel yang iseng saya download dari om google. yaitu sebuah cerita dari Sir Edmund Hillary.

Siapa sih "Sir Edmund Hillary"?
           Sir Edmund Hillary adalah seorang petualang berkebangsaan inggris yang mencapai puncak Gunung Everest, himalaya untuk pertama kalinya sebagai orang non-himalayan pada tahun 1953. Sebagai orang pertama, Sir Edmund Hillary tentu saja menjadi seorang panutan untuk menaklukkan gunung tertinggi dunia tersebut.  
           Ia menjadi orang yang terkenal karena bisa menjadi orang pertama yang menaklukkan gunung setinggi 8.850 meter dpl. Pada suatu kesempatan, seorang wartawan bertanya kepada orang yang terlahir 20 juli 1919 di Auckland - Selandia Baru itu,

R         : "Bagaimana perjalanan anda dalam menaklukkan gunung tertinggi dunia itu?"
SE       : "Menarik sekali, penuh tantangan sekaligus pemandangan yang sangat indah."
R         : “Setahu saya anda sudah melakukan banyak penjelajahan di berbagai belahan dunia. Apa bahaya yang paling besar yang anda takutiketika melakukan kegiatan seperti ini? Hewan buas? Berbisa? Ataukah badai?”
SE       :”bahaya yang paling mengancam? Saya rasa saya paling takut pada butiran pasir.”
R         :”butiran pasir?”
SE       :“ya,benar. Butiran pasir yang kecil bisa menyusup kedalam sela-sela kuku. Ketika dingin mendera, daging kita bisa sangat lunak. Saat itulah butiran pasir menggesek-geseknya dan menimbulkan infeksi. Dingin juga mengurangi kemampuan indera peraba tubuh. Jadi Anda tidak tahu ada sesuatu yang terjadi pada tubuh Anda sampai salah satu jari Anda tiba-tiba menghitam dan tidak bisa digerakkan lagi.”

           Melalui cerita dari seorang tokoh luar biasa tersebut dapat kita renungkan bahwa terkadang memang bahaya terbesar yang kita alami justru datang dari hal-hal kecil yang kita anggap enteng.
           Jangan anggap remeh sesuatu yang kecil, apalagi itu sebuah masalah. Sikap kita dalam melihat masalah dan menanggapinya merupakan sebuah pilihan, untuk bijak menyelesaikannya ataupun tidak.


Sir Edmund Hillary
 “Manusia tidak dapat memilih dirinya untuk menjadi luar biasa. Mereka memilih untuk melakukan hal-hal luar biasa.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar